• Tlp : ( 031 ) 99842200, 99842221
  • Email : tkijatim@gmail.com
upt

Berita

Eks Pekerja Migran Pamer Produk di Acara Berskala Global

  • Selasa, 2018-10-30 - 07:26:20 WIB
  • Administrator
UPT

P3TKI, Jakarta - Kata siapa eks pekerja migran tak bisa produktif setelah kembali ke Indonesia. Anggapan itu berhasil dipatahkan oleh kelompok desa migran produktif (desmigratif) asal Kabupaten Blitar dan Tulungagung, Jawa Timur.

Kelompok desmigratif asal dua kota ini ikut mempromosikan produk berupa hasil kerajinan dan olahan makanan di acara Trade Expo Indonesia, tanggal 24-28 Oktober 2018, di Indonesia Convention Exhibition, Tangerang.

"Kami menjual banyak produk karya PMI (pekerja migran Indonesia) purna seperti makanan, minuman, batik, dan aksesori," terang Sulistiyaningsih, petugas desmigratif Blitar.

Produk hasil karya para PMI purna laris manis oleh para pengunjung TEI. Makanan ringan seperti egg roll waluh, sambal pecel, dan kopi paling diminati pembeli.

"Kain batik kami seharga Rp 1,6 juta juga laku oleh pembeli asal Argentina," ungkap Sulis dengan semangat.

Sulis menambahkan, acara TEI dapat meningkatkan peluang bisnis bagi pelaku usaha. Kalangan pebisnis dapat melakukan business matching antara mereka dan pembeli dari dalam maupun luar negeri.

Acara TEI dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo didampingi Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Rabu (24/10), dan dihadiri puluhan ribu pengunjung dari 125 negara. Mewakili presiden, Mendag berharap melalui pameran berskala dunia ini dapat mendorong pertumbuhan ekspor produk-produk Indonesia.

"Penyelenggaraan pemeran salah satu dibutuhkan dalam kondisi ekonomi saat ini. Namun dengan catatan dari Pak Presiden diselenggarakan di tempat yang baik, dilaksanakan dengan baik, jangan memalukan," ujarnya, sebagaimana dikutip dari Liputan6.com. (dss)