• Tlp : ( 031 ) 99842200, 99842221
  • Email : tkijatim@gmail.com
upt

Berita

Menu Inovasi Baru QR Scan Me ; Mempermudah Akses Informasi yang Update dan Legal di Kantong Pekerja Migran

  • Selasa, 2020-05-12 - 12:49:18 WIB
  • Administrator
UPT

Apa itu Scan QR Code Aplikasi simPADU-PMI ?

 

Kode QR atau biasa dikenal dengan istilah QR Code adalah bentuk evolusi kode batang dari satu dimensi menjadi dua dimensi. QR Code (Quick Response Code) adalah barcode dua dimensi yang dapat menyimpan data, QR code dapatdibacamenggunakanberbagaisoftware gratis yang tersedia pada berbagai platform. Gunakan kata kunci “QR Code Scanner” atau “QR Code Reader” di Google Play Store atau Apple App Store.

Keuntungan penggunaan QR Code antara lain, gratis dalam pembuatan dan penggunaannya,menghemat kertas,tidak perlu membeli perangkat khusus scan QR Code dan mempercepat jembatan layanan membuka program website online. Hanya saja dibutuhkan mendownload terlebih dahulu aplikasi ‘Scan Code’ di Plystrore atau Applestore.

Manfaat Scan QR Code untuk Informasi Pekerja Migran Indonesia ?

Disnakertrans Prov. Jatim telah mengembangkan aplikasi local simPADU-PMI (http://p3tki-jatim.go.id), sebagai sarana penunjang inovasi layanan public bagi Pekerja Migran Indonesia, menu utama aplikasi simPADU-PMI adalah informasi, konsultasi dan bursa kerja ke luar negeri. Melalui aplikasi SCAN QR CODE, diharapkan pencari kerja, calon pekerja migrant dan masyarakat yang telah memiliki perangkat smartphone dapat cepat mengakses informasi terbaru terkait layanan legalitas perusahaan dan lowongan kerja ke luar negeri, konsultasi dan bursa kerja.

Keberadaan aplikasi simPADU-PMI selalui dipromosikan dan disebarkan melalui jaringan online, juga dalam implementasinya digunakan untuk bahan sosialisasi diseminasi kepada aparat pemerintah Kab/Kota dan Desa serta digunakan guna menunjang pelayanan ‘Mobil Informasi Kerja Ke Luar Negeri Keliling’ dan memperluas layanan masyarakat yang selama ini belum terjangkau atau yang lebih mempercayai calo. Layanan ini juga dikembangkan untuk promosi layanan pemerintah yang berkualitas, meningkatkan perlindungan calon pekerja migrant asal Jatim dari penipuan atau Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dan meningkatkan Indeks Kepuasan Pelayanan Publik.